Selasa, 20 Agustus 2013

Kesehatan

Terancam Lumpuh Karena Rambut 'Gimbal' Sepanjang 16 Meter


 
Jakarta, Tidak mudah memelihara rambut panjang, butuh kesabaran dan perawatan yang ekstra hati-hati. Bahkan seperti yang dialami seorang perempuan di Amerika Serikat, rambut sepanjang 16 meter di kepalanya bahkan membuatnya terancam lumpuh.

Asha Mandela, perempuan 50 tahun asal Amerika Serikat itu adalah pemegang rekor dunia Guiness untuk rambut terpanjang dengan kategori model dreadlock alias gimbal. Ia begitu bangga dengan rambutnya meski nyata-nyata telah mengancam kesehatannya.

Bagaimana tidak, rambut panjang model dreadlock di kepalanya bila ditimbang bisa mencapai bobot 19 kg. Dokter mengatakan, rambut seberat itu telah menyebabkan perubahan bentuk tulang leher dan punggung, dan dikhawatirkan bisa membuatnya lumpuh.

Meski begitu, Asha mengaku tidak akan memangkas rambut yang telah dpanjangkannya selama 25 tahun terakhir itu. Betatapun sulitnya ia harus merawat, Asha tetap akan menjaga rambut panjangnya, bahkan meski berbahaya bagi kesehatannya sendiri.

"Banyak orang bilang saya ini Rapunzel versi hitam. Mereka menyebut saya legenda, keajaiban dunia kesembilan. Orang bilang ke saya, bahwa saya menginspirasi mereka," kata Asha kepada Barcroft TV, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (20/8/2013).

Tidak mudah memang untuk merawat rambut sepanjang itu, apalagi dengan model dreadlock. Namun itu bukan alasan bagi Asha untuk memangkasnya. Seminggu sekali, Asha rutin mencuci rambutnya dan ia butuh 2 hari penuh untuk mengeringkannya. Ya, 2 hari penuh!

Apalagi, Asha meyakini bahwa banyak laki-laki senang melihat perempuan dengan rambut panjang. "Rambut panjang saya tidak pernah mengganggu keintiman, saya pikir justru menambah sedikit 'bumbu' ke dalamnya," kata Asha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar